• SLBN 1 PARIAMAN
  • Pendidikan anak merupakan modal utama suatu bangsa

Visi dan Misi

Visi

Visi SLB Negeri 1 Pariaman adalah Mewujudkan Pendidikan Layanan Khusus yang Terampil, Mandiri, dan Berakhlak Mulia dan IMTEK Berlandaskan IMTAQ.

  1. Terampil

Terampil adalah cakap menyelesaikan tugas, mampu dan cekatan. Cakap berarti pandai atau mahir dalam melakukan sesuatu. Mampu berarti sanggup, bisa, dapat melakukan sesuatu. Cekatan berarti cepat mengerti, pintar dan cerdik. Dengan memiliki keterampilan peserta didik nantinya dapat bekerja dengan orang lain atau melakukan suatu pekerjaan usaha produktif secara mandiri sehingga bisa mengatasi permasalahan hidup dengan menghasilkan uang dari keterampilan yang dimilikinya.

  1. Mandiri.

Mandiri adalah sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Peserta didik yang mandiri harus mempunyai kreativitas dan inisiatif sendiri serta mampu bekerja sendiri dengan merujuk pada bimbingan yang diperolehnya. Dengan adanya sikap mandiri diharapkan lulusan dari SLB Negeri 1 Pariaman mampu bersaing di tengah masyarakat sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri.

  1. Berakhlak Mulia.

Berakhlak mulia berarti mengikuti seluruh perintah yang telah disampaikan Allah kepada Rasulullah serta segala perilaku, sikap dan perbuatan sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

  1. IMTEK

IMTEK merupakan wahana yang akan mengarahkan dunia pendidikan untuk menciptakan generasi yang memiliki pengetahuan dan teknologi.

  1. IMTAQ

IMTAQ merupakan wahana yang akan mengarahkan dunia pendidikan menuju target yang dituju, yaitu menciptakan generasi beriman dan berilmu yang mampu bersaing dan beriman kepada Allah SWT.

 

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, satuan pendidikan telah menentukan langkah-langkah strategis yang dituangkan dalam misi sebagai berikut:

  1. Membekali siswa dengan berpedoman pada agama secara benar, sehingga siswa memiliki akhlaq yang mulia.
  2. Mengoptimalkan layanan pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, sesuai dengan jenis kebutuhan, bakat, dan minat.
  3. Memprioritaskan pendidikan keterampilan dan kecakapan hidup yang sesuai denga lingkungan, potensi, bakat, dan minat siswa
  4. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan rindang dalam rangka mewujudkan Bumi Yang Hijau (GO GREEN)
  5. Mempersiapkan siswa yang berjiwa wirausaha, yang mampu bersaing dalam dunia usaha dan industry melalui kegiatan magang.
  6. Mewujudkan kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus demi mencapai masa depan yang lebih baik.
  7. Pembinaan pendidikan pertanian, perikanan, dan peternakan bagi siswa berkebutuhan khusus.
  8. Menjadikan pribadi yang mandiri, penuh percaya diri siswa berkebutuhan khusus dimasyarakat.
  9. Meningkatkan dan mengembangkan potensi anak serta mengentaskan dari sikap ketergantungan dengan member bekal pendidikan dan keterampilan.
  10. Menciptakan iklim yang kondusif untuk terlaksananya tugas pokok dan fungsi masing-masing komponen sekolah (Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, dan Orangtua Siswa).

 

Tujuan Satuan Pendidikan

Tujuan SLB Negeri 1 Pariaman yaitu:

  1. Membimbing dan mendidik anak yang membutuhkan Pendidikan Khusus (PK) dan Pendidikan Layanan Khusus (PLK) untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan menuju sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mempersiapkan anak yang membutuhkan Pendidikan Khusus (PK) dan Pendidikan Layanan Khusus (PLK) agar memiliki bekal keterampilan untuk mengurus dirinya sendiri, siap memasuki pasar kerja dan lebih utama lagi mampu menciptakan lapanga kerja sendiri.
  3. Menjadikan SLB Negeri 1 Pariaman sebagai pusat data Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.
  4. Melaksanakan pembelajaran akademik sesuai dengan kebutuhan siswa.
  5. Melaksanakan pembelajaran yang berbasis akhlak dalam rangka menyiapkan siswa berkarakter bangsa.
  6. Membina minat dan bakat siswa di bidang ekstrakurikuler.
  7. Melaksanakan kegiatan keterampilan life skill yang teprogram dan berkesinambungan.
  8. Melaksanakan produksi kewirausahaan dalam beragam bidang keterampilan.
  9. Menfasilitasi siswa untuk mandiri di bidang usaha dan industri.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Profil

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 459 kali